Books.....!!!
Ini dari Dinda:

Total number of books owned:
Nggak jelas, kalo dikumpulin bisa jadi jumlahnya ratusan, mostly beli, beberapa dikasih temen-temen. Sekarang nyusut banyak karena dipinjem. Kadang nyesel minjemin, karena banyak yang nggak balik lagi (atau mereka yang minjem baik banget, mau nyimpenin buku gua di rumahnya?). Tapi gua nggak kapok-kapok minjemin, karena gua suka berbagi excitement saat nemu dan baca buku yang menarik (means : meninggalkan kesan mendalam, bikin gua terus berpikir tentang isi buku itu, kontemplasi, bikin gua berefleksi dengan kehidupan itu sendiri…cie…gaya..!), so, jadinya gua juga suka sekali meminjamkan atau memberikan buku sebagai hadiah, bisa kapan aja, nggak perlu ada moment. Tempat gua beli buku juga macem-macem, mulai dari penjual buku bekas pinggir jalan di Cikapundung sampe pasar buku bekas di Den Haag. Dari toko buku kecil dipojokan Tim atau pasar buku Palasari di Bandung sampe QB.

Buku yang gua beli kebanyakan yang berkaitan dengan profesi dan background gua sebagai antropolog yang jadi peneliti isu-isu perburuhan, tapi ada juga yang nggak berkaitan. Mulai dari buku-buku ‘berbau’ antropologi dan perburuhan, mulai dari pengantar-nya Kuntjaraningrat,Haviland dan Keesing, sampe fiksi Almost Adam, mulai dari metodologi riset sampe buku-buku hasil riset. Ada buku-buku sejarah, yang konvensional sampe yang alternatif macam Oral history, mulai dari Sejarah Perkeretaapian di Indonesia, Sejarah Telekomunikasi yang 5 jilid itu, sampe Labyrinth of Memory, dan Sisi Balik Senyap/The Other Side of Silence, dua yang terakhir ini dikenalkan oleh Ratna Saptari, mentor gua di research, saat itu gua masih jadi peneliti di Akatiga, Bandung, gua sedang riset sejarah politik perburuhan di Majalaya tahun 1955-1998. Btw, keterlibatan gua di komunitas oral history ini memberikan pengalaman dan pengetahuan yang sangat penting buat gua. Gua jadi memahami dahsyatnya sejarah lisan ketika menjadi bagian dari sebuah gerakan sosial untuk mengcounter sejarah formal yang disusun oleh suatu rejim penguasa untuk melanggengkan kekuasaannya, yang dilakukan dengan cara meng-edit fakta sejarah, atau “membelok-belokkan” fakta agar sesuai dengan tujuan itu, itu lho seperti sejarah G30S/PKI versi orde baru yang dilakukan Soeharto konon melalui tangan-tangan Nugroho Notosusanto (who else..?).

Gua juga punya biografi/atau kumpulan diary-nya Ahmad Wahib (yang paling gua inget dari buku ini adalah satu kalimat yang dia tulis : kalau aku baca buku-buku antropologi, aku jadi merasa tidak wajib menjalankan shalat lima waktu…-heheheh..dan gua setuju..-.) dan Catatan Seorang Demonstran, diary-nya Soe Hok Gie (gua beli waktu kuliah di Antro, karena saat itu lagi ngetrend, hampir semua anak antro dan para pencinta alam baca itu buku, biar nggak ketinggalan, hehe..eh sekarang trend lagi yak gara-gara dibikin film…..).

Buku fiksi gua juga lumayan banyak, yang lokal dan yang import, yang klasik sampe yang terkini, ada Perempuan dari Roma-nya Alberto Moravia, Tetralogi-nya Pram (Bumi Manusia gua baca dari koleksi bapak gua saat gua masih SMP, tahun 1982 kira-kira, sebelum ditarik dari peredaran sama orde baru...waa...si Dinda dan si Tiot baru belajar merangkak tuh...), Ronggeng Dukuh Paruk-nya Ahmad Tohari, terus ada yang tentang mafioso kayak The Godfather, The Italian, atau drama seperti The Reminds of the Day. Ada juga koleksi Pippilota Si kaus kaki Panjang, dan Drakula Cilik yang sekarang sudah kuwariskan sama ponakan-ponakan. Buku-buku gua sebagian dioleh-olehin temen atau hadiah ultah. Seperti koleksi Paulo Cuelho yang gua punya kebanyakan dibawain Sofwan dari Phil (ada yang sempet dibajak si Tiot, jadi nggak sempet nyampe ke tangan gue, karena Sofwan pasti nggak tahan dgn rayuan anak kecil itu..) Satu gua beli di Ghent, Eleven Minutes (itu buku dan yang lainnya sekarang lagi beredar dari temen ke temen, gua udah kesulitan melacak keberadaan itu buku, jadi dari sekarang gua sudah merelakan kalo ternyata nggak kembali, seperti yang sudah-sudah….). Gua juga punya koleksi serial petualangannya Dr. Karl May, lengkap, yang membuat gua pernah mencoba membayangkan dan mereka-reka sosok Old Shatterhand dan Winnetou. Ada beberapa novel yang gua selalu inget sampe sekarang karena berkesan banget, antara lain The Bridges of Madison County, Senopati Pamungkas karangan Arswendo (pertama baca dari majalah Hai versi lama yang masih sangat menarik,terus baca lagi dipinjemin Nurul,sampe akhirnya gua beli lagi yang versi hardcover yang tebel banget itu), lalu ada dwiloginya Marga T., Gema Sebuah Hati dan Setangkai Edelweiss (sumpah, cuma dua buku itu yang gua suka dari Marga T, yang kesini-sininya nggak suka). Ada juga kumpulan puisi, dari kumpulan puisi anak-anak komunitas apa gitu di Jogya, Sapardi, sampai WB. Yeats.
Ada juga buku pinjeman yang gua baca, salah satunya The Unbearable Lightness of Being-nya Milan Kundera, dikomporin si Tiot,(udah gua balikin ya Tiot!!).

The last book I bought:
-Contact, Carl Sagan, beli hari Senen, di Aksara PI. Gua udah pernah baca versi terjemahannya tapi gua pinjemin ke temen (siapa ya..? lupa gua..) dan sampe sekarang belum kembali.
-Demokrasi Keintiman, Seksualitas di Era Global, beli hari Selasa, beli langsung ke kantor LBH Apik, yang nulis direkturnya sekarang, seorang temen yang jadi aktivis perempuan, Ratna Batara Munti. Buku ini menarik, tentang perubahan pemahaman terhadap seksualitas dalam konteks globalisasi, dimana orang mulai keluar dari tradisi-tradisi lama dan masuk ke masa post-dogmatik seksualitas yang lebih ekspresif.
-One Hundred Years Of Solitude, Gabriel Garcia Marques, beli kemaren pagi di Periplus bandara cengkareng waktu mau balik ke Aceh. Gua beli buku ini mengingatkan gua sama Sofwan, dia pernah cerita tentang buku ini dan katanya buku ini bagus.

Book reading right now:
-Reading Lolita in Tehran, ni buku gua bawa-bawa kemana-mana, sampe lecek, belum tamat juga.
-Democratizing Development, The Role of Voluntary Organization, John Clark, ini dibekelin Ade Pinky untuk membantu gua memahami konteks dimana gua kerja sekarang. Pas banget.
-Essential Ethnographic Method, Schensul, Schensul and Le Compte. Ni buku baru dapet ngopi dari Bang Tito, sesama anthro-freak.

Five books that mean a lot to me:
-Living, Loving and Learning, Leo Buscaglia Ph.D. Ini buku suci gua, banyak mempengaruhi dan membentuk karakter gua sekarang.
-The Other Side of Silence, by Urvashi Butalia. Ini buku hasil riset dgn metoda sejarah lisan, tentang kisah-kisah kesaksian pelaku sejarah dalam proses pemisahan Pakistan dari India karena pertentangan politik dan agama. Buku ini bercerita tentang sebuah proses sosial politik yang dahsyat, tentang bagaimana orang-orang muslim di India harus pindah ke Pakistan dan orang-orang Hindu yang ada di Pakistan harus pindah ke India, bagaimana keluarga harus terpisah dari kerabat, tetangga dan sahabat menjadi musuh karena perbedaan sentimen agama, dan ini membekas dalam di benak gua, sampe gua mimpi berada dalam situasi saat itu dan harus menyelamatkan seorang gadis kecil yang sedang dikejar oleh seorang laki-laki dari kaum sikh. Anak kecil tadi tercecer dari keluarganya yang berasal dari golongan muslim yang harus pindah ke Pakistan, karena bila tidak mereka harus pindah agama. Gua berlari dengan anak tadi menyusuri lorong-lorong kumuh diantara rumah-rumah penduduk, situasi saat itu chaos, saling bunuh, culik dan saling perkosa terjadi dengan nyata. Nightmare banget deh. Segitunya yak..?
-The Little Prince, Exupery, Buku ini inspiring banget, gua sampe punya 4 versi dari tahun dan penerbitan yang berbeda, satu dalam versi B. Inggris, hadiah dari Chng Nai Rui, cina singapur yang pernah kesasar ke Akatiga..
-The Bridges of Madison County. Robert James Waller. Pertama baca dikomporin Si Nina, jaman masih di Akatiga, heuheu..dia sukses meracuni gua sampe gua obsessed sama tokohnya yang bernama Robert Kincaid, seorang fotografer dari Bellingham, yang traveling kemana-mana dengan "Harry"-nya. Sekarang gua punya dalam dua versi bahasa. Buku ini juga inspiring banget, tentang “extra marital true love”, yang indah dan touchy banget, gua sampe nangis bacanya. Dan gua merasa tidak sendirian dengan “kecengengan” gua ketika gua ketemu si Adek Pinky yang somehow gua rasa dia mengapresiasi buku itu dengan cara yang sama dengan Nina ketika dia mulai ngomporin gua. Sampe gua ketularan suka ngomporin orang untuk baca buku ini, salah satu korban gua ya si Dinda itu, hahaha….
-The English Patient, Minghela, karena gua nonton filmnya sampe lima kali!. Ini juga tentang extra-marital true love, tentang perselingkuhan dan forbidden love yang indah dan mengharukan. There is no boundaries in love, dan gua setuju.
- Contact, Carl Sagan, Ada satu kalimat yang gua suka di buku itu yang dipakai Eli (tokoh utama di buku ini) waktu harus mutusin cowok-cowoknya: Ada banyak episode indah yang bisa dikenang, yang lebih indah dari keseluruhan kisahnya. Gua pake tuh kalimat saat mutusin pergi dari dua laki-laki yang nggak seberapa ituh heuheuheuhh….
(eh, ini kelebihan satu ya..?)

Five people to whom become the next victims:
Tiot, Sofwan, Nurul, Keukeu , Buyung
si Okol @ 7:57:00 PM
|



Tentang saya

Saya, yang senang berbagi cerita apa saja tentang hidup, yang penting maupun nggak penting

Jeprat-jepret

jalanjalan

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from anarita_atirana. Make your own badge here.

Apa.??


Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

Sampai hari ini

  • Omelan orang Aceh tentang Tsunami
  • “Starbucks” Ulee Kareng
  • A Sentimental Tuesday
  • An Acehnesse Little Girl
  • I am Woman !! Happy Birthday Suu Kyi.
  • Jolie and Pitt.....
  • What is Essential is Invisible to the Eye
  • gue over weight..!
  • Recommended to be read!: Reading Lolita in Tehran
  • Setangkai Cinta
  • Arsip

  • December 2004
  • January 2005
  • February 2005
  • March 2005
  • April 2005
  • May 2005
  • June 2005
  • July 2005
  • August 2005
  • September 2005
  • November 2005
  • December 2005
  • January 2006
  • February 2006
  • March 2006
  • April 2006
  • May 2006
  • June 2006
  • July 2006
  • September 2006
  • November 2006
  • December 2006
  • January 2007
  • February 2007
  • March 2007
  • April 2007
  • May 2007
  • June 2007
  • July 2007
  • August 2007
  • September 2007
  • September 2008
  • copyright © 2006 okol,all rights reserved • designed by okke • image from gettyimages • powered by blogger